Buscar

aiyrapptika world :)

Senyum untuk RUBEL :) :) :)

Subhanalloh, ALLOHU AKBAR tak ada kalimat yang patut ku ucapkan hari ini selain ALHAMDULILLAH,,, terima kasih Ya Alloh atas nikmatMU hari ini yang sungguh luar biasa,,,
Hari ini adalah hari yang sangat membahagiakan buat kami segenap warga Rumah Belajar Sahaja Cimahi. Hari ini tim orkes rubel diminta untuk tampil di acara GEMA ITB, yang udah kurang lebih 2 bulan mereka (rekan-rekan gamais ITB) ikut terjun ke rubel untuk ngajarin anak anak pelatihan dan berkarya. Alhamdulillah hari ini anak anak merasakan manisnya buah dari pengorbanan mereka latihan selama beberapa hari terakhir. Ada rasa haru yang amat sangat melihat mereka tampil hari ini, bener-bener sedih, gak bisa lagi nahan buat gak meneteskan air mata (lebayyyy tapi asli). Dengan membawakan lagu hits se-alam rubel sahaja cimahi “KAMI ADA”, membuat haru penonton yang ada di aula ITB.

di pinggir-pinggir jalan
di kolong-kolong jembatan
tersimpan harapan
senyum dan air mata

meski selalu terlupakan
di tengah debu jalanan
di antara sombongnya kota
yang penuh kebosanan

menantang mentari, kepalkan jemari
jalani hari dengan amor fati
nyalakan api cinta dan harapan yang membara
tunjukkan pada dunia bahwa kita ada

panas terik mentari
sinari hari ini
keringat yang mengucur deras
basahi tubuh ini

nada-nada sederhana
dari sebuah gitar tua
menyaingin bisingnya kota
dan deru knalpot kendaraan

sudah lupakan semua caci maki mereka
persenjatai diri dengan cinta
genggam erat tanganku kita berjalan bersama
tunjukkan pada dunia bahwa kita ada

Bener-bener haru, beda banget denger mereka nyanyi di panggung sama pas biasa mereka nyanyi-nyanyi di markas. Apalagi sebelumnya teh Ipiet sang Kepala Sekolah Rumah Belajar Sahaja Cimahi memberikan sambutan dan nyeritain sejarah rubel yang ternyata dulunya itu tempat belajar mereka di parkiran rumah sakit Dustira-Cimahi, terus pindah ke kios petak ukuran 3X4 meter (mungkin) di pinggir rel kereta dekat statiun Cimahi, terus nyeritain gimana pandangan masyarakat ke rubel, ada yang nerima ada yang engga ah pokonya sedih banget sampe akhirnya sekarang kita bisa ngontrak rumah tingkat buat markas Rubel, tempat buat mereka belajar, tempat buat mereka tidur, tempat buat mereka berkarya,,,
terima kasih buat teh ipiet, udah jadi ibu yang terbaik buat anak-anak, buat kaka relawan lainnya yang mau bantu teh ipiet buat ngejagain dan ngajarin anak-anak walau lelah tapi selalu semangat,,,
well, hari ini kami dapet sumbangan dana dari Wardah kosmetik sebesar 10juta rupiah dan dari rumah zakat sebesar 2,5juta rupiah (bener bener kaget dapet uang gede, tadinya lagi sedih langsung berseri) dan ini semua berkat bantuan dari rekan-rekan gamais ITB.. terima kasih buat semua pihak yang selalu dan telah membantu rubel,,,

Semoga rubel bisa terus berkarya dan memberikan yang terbaik, serta selalu memberikan citra baik sebagai anak jalanan. :)

Indahnya Persahabatan ^^

Cerita ini kupersembahkan untuk sahabat-sahabatku,,

My BFF (Best Friend Forever) @Ana Dwi Rakhma Twinzania dan @Ane Tritama Fleurakhmi,,, juga sahabat baruku teteh @Niea Rakhmawati,,,dan tentunya My Lovely BJ,,,

Kawan, ternyata persahabatan itu indah loh,,, inget gak lagunya Sindetosca:
Persahabatan bagai kepompong
Mengubah ulat menjadi kupu-kupu
Persahabatan bagai kepompong
Hal yang tak mudah berubah jadi indah
Persahabatan bagai kepompong
Maklumi teman hadapi perbedaan
 
Persahabatan bagi kepompong


Persahabatan itu indah kawan,,,bahkan lebih indah dari kupu-kupu menurutku,,,
Sahabat itu bukan hanya teman buat kita maen seru-seruan aza,,,kebanyakan orang bilang kalau sahabat itu “sahabat adalah orang yang menyayangi kita, orang yang bisa memahami kita, orang yang senantiasa hadir saat kita membutuhkan, mau berbagi, orang yang mau mendengar keluh kesah kita, orang yang mau bersahabat dengan kita apa adanya, yang mendekat saat seluruh dunia menjauh, dan sebagainya…”
tapi tahukah kawan? Kalau kita berpikir gitu berarti kita egois bukan? Ya yah, egois karena kita menginginkan sahabat kita untuk selalu hadir saat kita butuh sedangkan kita tidak memberikan apa-apa buat dia,,,
Menurutku sahabat itu, Orang yang kita sayangi,… orang yang selalu ingin kita do’akan,..orang yang ingin kita pahami lebih dalam, orang yang ingin kita bagi ketika kita senang, dan tidak ingin kita bebani ketika sulit, dan manakala ia kesepian dan merasa seluruh dunia menjauh darinya, maka kita katakan : Sahabatku…sungguh seluruh dunia tidak pernah menjauh darimu, justru kitalah yang menjauh dari mereka, marilah kita sambut mereka, berbagilah untuk mereka, mari dengarkan impian mereka, sambutlah tawa mereka, hapuskan tangis mereka, karena kita adalah “cinta”.

Jadi tidak hanya kita saja yang merasa senang akan persahabatan yang kita jalin dengan sahabat kita, mereka pun akan merasakan senang memiliki sahabat seperti kita. Jadi jagalah persahabatan kalian kawan, karena ternyata mencari sahabat itu lebih sulit daripada mencari musuh.

Terima kasih untuk ke empat sahabatku yang selalu menemaniku, yang selalu memberikan motivasi untukku, yang selalu siap berbagi denganku,,,
Maafkan aku duhai sahabatku, sungguh banyak kata dan sikap yang ku torehkan dan mungkin itu melukai hatimu,,,
Maafkan aku sahabatku, aku belum bisa menjadi sahabat terbaikmu layaknya kamu yang selalu menemaniku,,,
Ana Ukhibukum fillah ya ashabi,,, :*

Untuk Mama,,, ^^


Bismillah...
Segala puji bagi Alloh, yang masih memberikan kesempatan padaku untuk menghirup udara, untuk bisa memperbaiki diri,,, malam ini cukup nikmat untukku bersantai menghilangkan kepenatan dari aktivitas yang udah aku lalui hari ini,,,
Malam ini aku memutuskan untuk membaca buku tentang seorang anak perempuan yang cacat, tapi dibalik kekurangannya itu dia memiliki kelebihan yang luar biasa dan itu semua berkat seseorang yang luar biasa di hidupnya.
Kisah dalam buku ini mengingatkanku pada seseorang yang amat sangat luar biasa dalam hidupku,, beliau yang selalu memberikanku kasih sayang tanpa henti, cinta dan keikhlasannya luar biasa, pengorbanannya tiada tara, hari hari beliau selalu dihabiskan untuk menjagaku, mendoakanku, mendidikku, beliau seorang yang selalu ku rindu, beliau mamaku.. :*

Mama, aku rindu padamu mah...
Mama, aku rindu belaian lembut tanganmu...
Mama, aku rindu kecupan hangat bibirmu...
Mama, sungguh aku sangat merindukanmu mah...

Aku bener bener baru ngerasain sangat ingin deket sama mama setiap hari, setelah aku udah gak tinggal di rumah lagi, sekarang aku kost jadi jauh sama mama, harus menunggu satu bulan untuk ketemu mama. Padahal dulu waktu aku di rumah aku sering kesel sama mama, kesel ngomel ngomel terus karena aku susah kalau disuruh tapi sekarang aku bener bener merindukanmu mah...

Barusan aku dapet sms dari mama, begini isinya “Neng, putri mamah tersayang, selalu tersenyum ya cantik jangan pernah sedih, jadilah putri kebanggaan mamah, harapan mamah dan papa jadilah yang terbaik terutama jadi anak sholeh, berilmu dan bisa mengamalkannya, jadi teladan terutama untuk keluarga dan orang banyak, segala yang terbaik buat teteh, doa mamah selalu untuk putra putri mamah” sediiihhh baca sms mama, gada bosennya mama buat nelpon dan smsku setiap hari. Seperti ada kontak batin antara aku dan mama, mama pasti tahu apapun yang sedang terjadi sama aku, mama selalu ngerasa sakit ketika aku sakit, mama sangat cemas dan khawatir ketika mendengar keadaanku kurang baik, dan mama pun turut merasa bahagia ketika aku bahagia. Mama bukan hanya ibu buatku, mama melebihi apapun di dunia ini, mama bisa jadi sahabat buatku, tak jarang mama mendengarkan curhatku, mama selalu jadi partner yang terbaik. Mama I LOVE YOU INDEED,,, :*

Mama,,,
Kau bagaikan matahari
Yang selalu menerangi setiap ruang gelapku
Kau tetap tersenyum walaupun hujan mengaburkanmu
Walaupun malam menenggelapkanmu
Mama,,,
kau inspirasi dalam hidupku untuk terus bangkit
kau pemompa semangatku
Mama,,,
begitu tulus kasih sayang yang kau berikan untukku
Mama kau adalah hidupku
suri tauladan hidupku,,,
Mama aku selalu ingin bersamamu
aku selalu ingin merasakan pelukan hangat tubuhmu
aku selalu ingin merasakan kecupan hangat bibirmu
aku selalu ingin mendengar suara lembutmu
aku selalu ingin melihat senyum manis bibirmu
Mama,,,
aku sangat bersyukur pada Alloh karena
aku telah dilahirkan dari rahim wanita hebat sepertimu
Mama,,,
AKU SANGAT MENCINTAIMU

Let's say Alhamdulillah dan terima kasih RUBEL ^^

Alamdulillah syukur ku ucapkan padaMU Rabbku, Rabb yang memberikanku nikmat hidup yang subhanalloh sungguh Luar Biasa, tak bisa ku berbuat apapun tanpa izinMU yaa Rabb,,,

Ini kisahku dengan mereka mereka si anak anak dekil dan kumal yang belum lama ku kenal, kurang lebih 4 bulan yang lalu, ku ingat sekali hari itu hari rabu, aku dateng ke suatu tempat bersama teh Dewi saat cuaca sedikit ujan, tempat itu bener bener asing bagiku dan itu tempat bener bener tempat yang baru aku saksikan, tempat yang dekil dan kumal yang dihuni oleh beberapa (kurang lebih 25 anak) anak anak dekil dan kumal, tempat itu yang memperkenalkanku pada Miki, Galang, Deni, Andri, Yuda, Niko, Yuli, Wawan, dan lain lain,,,
Di tempat itulah aku belajar banyak tentang kehidupan, belajar nikmatnya hidup, belajar untuk selalu tersenyum dalam keadaan apapun dan yang terpenting belajar yang belum pernah ku dapatkan dimanapun, belajar bersyukur,,,selama ini aku selalu lupa bahkan jarang sekali aku bersyukur (kecuali klu dapet nilai bagus dan dapet uang banyak). Yah selama ini aku selalu nuntut ini itu, ingin ini ingin itu banyak sekali (lagu doraemon kaliii), aku gak pernah lihat keadaan diluar sana, ternyata masih banyak dan bahkan sangat banyak orang orang yang gak bisa hidup layak karena himpitan ekonomi keluarganya,,aku seolah buta akan itu,,dan saat inilah aku baru aku sadar ternyata banyak yang harus ku syukuri walau tanpa pemenuhan ini itu yang kumau, mereka yang mengajariku tentang itu, mereka yang membukakan hatiku agar bisa peka pada dunia luar.

Seneng aku lihat mereka yang selalu tersenyum walau dalam keadaan mereka seperti itu, banyak diantara mereka yang memilih untuk hidup seperti itu karena Broken home, broken home suatu keadaan yang sangat tidak diinginkan oleh setiap anak, tapi anak anak itu masih bisa tersenyum dan bergembira walau setelah mereka memutuskan untuk meninggalkan rumahnya dan hidup di jalanan dengan ngamen tapi mereka selalu terlihat ceria, sementara aku??? aku yang masih bisa dapet kasih sayang dari kedua orang tuaku tapi tak jarang aku menyia-nyiakan waktuku untuk hal yang kurang berguna, tak jarang kuhabiskan waktuku untuk nonton tv, maen game, pesbukan bahkan sering aku lalaikan belajarku untuk hal hal seperti itu.
Anak anak itu, mereka berusaha menyempatkan waktunya untuk belajar, ya belajar bersama kami para relawan,,,padahal mereka terlihat lelah, lelah karena tenaga mereka dipakai untuk ngamen mengejar angkot yang berlalu lalang untuk menafkahi hidup mereka sendiri. Aku salut, semangat belajar mereka cukup tinggi, TWO THUMBS buat kalian ade adeku yang dekil dan kumal, aku bahagia bisa mengenal kalian, canda tawa kalian membuat hatiku senang aku merasakan kebebasan dan kepuasan hati saat bersama kalian, ada kenikmatan tersendiri yang kurasakan setelah aku bertemu kalian.
Makasi buat Tetehku sayang Teh Dewi yang telah mengajakku dan memperkenalkanku pada mereka, makasi buat the Ipit, the Santi, Dek Nunik, A'Imin, A'Fajar, A'Fahmi, A'Anu dan Mimi,,, kenikmatan merubel bersama kalian adalah kenikmatan yang baru pertama kali kurasakan (nasi padang favoritku pun kalah,,haha lebay)

WE LOVE RUBEL SAHAJA!!!

DEMOKRASI PENUH KEPALSUAN

Pagi ini kubuka jendela kamarku, kulihat indahnya dunia hari ini dengan sedikit tetesan air dari langit, subhanalloh sungguh besar nikmat Alloh,,,
Tulisanku kali ini akan sedikit mengupas masalah demokrasi di negeri kita yang kata seorang temenku “Demokrasi Penuh Kepalsuan” wah, masa sih???yu mari kita kupas bersama,,

Demokrasi itu berasal dari kata Yunani, Demos berarti rakyat dan Kratos/Kratein berarti kekuasaan/berkuasa. Jadi jelas bahwa dalam konsepnya keadaan negara, sistem pemerintahan dan kedaulatannya berada di tangan rakyat dan kekuasaan tertinggi berada dalam kepututasan bersama rakyat. Mari kita lihat pinsip demokrasi salah satunya yaitu, adanya pemilihan umum yang bebas dan adanya kebebasan individu. Nah, apakah di negara kita ini prinsip demokrasi telah tercipta??? loh di negara kita kan rakyat gak punya kekuasaan,,jadi masih bisa dikatakan demokrasi??? loh di negara kita kan yang berkuasa cuma “Mereka-mereka”,,apa ini demokrasi??
Berbicara negara dan kekuasaan, yang menjadi perhatian pertama saya adalah kata "Presiden". Bagaimana seorang rakyat bisa menjadi presiden?. Menurut Undang-undang 1945, (singkatnya) syarat menjadi seorang Presiden dan wakil presiden adalah dicalonkan oleh partai atau gabungan partai politik. Jelas sudah, bagi kita semua yang tidak didukung oleh partai, "tidak akan bisa menjadi presiden!"

Katanya konsep "demokrasi" itu kan :
-dari rakyat, oleh rakyat, untuk rakyat-
Di Indonesia, "demokrasi" itu :
-dari partai?, oleh rakyat, untuk penguasa?.-
Artinya:
*para penguasa negeri ini berasal "dari partai" lalu dipilih rakyat, dan pekerjaan mereka mengambil hak rakyat (korupsi)
*sebagai akibatnya, berbagai macam kesulitan sangat dirasakan "oleh rakyat" (dalam segala bidang): "masyarakat hidup susah"
*sementara disaat negara memiliki keuntungan, itu hanya "untuk penguasa" (pejabat&pengusaha) saja. Masyarakat tidak pernah kebagian.
Kata "dari rakyat" dalam konsep demokrasi diartikan secara salah di negeri ini : yaitu "disaat rakyat masuk ke dalam bilik suara lalu mencoblos/mencontreng orang-orang yang -katanya- akan mewakili rakyat (baik di dpd, dpr, ataupun presiden). Ironisnya, wakil2 rakyat itu tidak secara langsung ditentukan oleh rakyat (dari -aspirasi- rakyat) melainkan -lagi-lagi- ditentukan dari kebijakan partai dan orang kaya semacam pengusaha". Nantinya, uang para pengusaha inilah yang digunakan untuk membeli suara rakyat. Rakyat pun menerima saja, bukan karena mereka percaya terhadap si wakil dan partainya! melainkan karena himpitan ekonomi yang mendera.
Partai menentukan orangnya (calon pejabat) > Pengusaha yang membelinya (suara rakyat). Jelas sudah keuntungan dan kekayaan di negeri ini > hanya bagi para "pejabat dan pengusaha" mereka itu yang dinamakan "para penguasa" negeri. Padahal semestinya Rakyatlah "penguasa negeri" yang sesungguhnya. Apakah aku harus percaya pada teori? ataukah realita?
Aaaah, sekali lagi ku katakan "Demokrasi di negeri ini sungguh palsu!!! Ya, *Demokrasi penuh kepalsuan..."
Lantas apakah negara kita ini penganut “DEMOKRASI”???silahkan berpendapat masing masing..

Tulisan ini sedikit menyadur dari rekan seperjuangan, seakidah dan sekelas saya, terimakasih, untuk Kang Ihsan Ahmad Barokah, terimakasih kang untuk sharingnya pagi ini, saya masih harus banyak belajar dari akang,.. ^^

Hujan ituuu... ^^


Today activity...
Ini adalah hari pertamanya aku kuliah di hari jum'at, biasanya libur tapi karena ada matkul tambahan jadi masuk deh, males sebenernya soalnya jum'at, sabtu dan minggu kan hari untuk memanjakan kamarku..tapi tak apalah namanya juga lagi belajar harus berani berkorban dong..(adeeuuu bahasanya.. :D )
Hari ini presentasi kewirausahaan dengan aplikasi jadi seorang entepreneur,, lumayan jadi icip icip tester kelompok lain,, (kelompok aku mah gak bikin tester..hehe)

Dan ini adalah hari ke-3nya aku dan c teteh (nia) ujanan dan kali ini parah banget ujanan di pom bensin, c dy enak lari da gak bawa motor,, lah aku kan markirin motor jadi keujanan sebelah baju basah kuyup deh,, ujannya itu loh aneh, ujan kecil tapi titik titiknya gede banget...
Ujan hari ini bikin aku malu, malu diketawain orang orang yang ngelihat aku sama c teteh murukusunu.. atuda, baju jadi basah, di pom bensin ngantri dan yang bikin kesel pas pulang ujannya berhenti padahal baju udah terlanjur basah.
Tetap kulajukan motor ke arah ke kostan, sampe di kostan langsung mandi, usai mandi langsung ambil my netbook dan inilah yang pertama ku lakukan ketika buka netbook “curhat”,,,lihat buku Ka Bagas Triyatmojo bagian "Air tetesan hujan, bocor juga" jadi malu udah murukusunu gara gara ujan, padahal...
Hujan itu Rahmat dari ALLOH SWT, banyak manfaat dari hujan,,,
Hujan telah menumbuhkan tumbuh-tumbuhan yang sangat berperan penting di dalam kehidupan manusia. Bisa sebagai paru-paru kota, penyaring air, tempat berteduh dari teriknya matahari, bahkan bisa sebagai pelengkap sajian pada saat jam makan sebagai lalapan..(wuiihh..enak deh lalapan pake sambal…=p)
Selain itu, tumbuhan pun bisa menghailkan buah buahan yang tentunya kita pun bisa menyantapnya.
Dialah yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dia menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai rezki untukmu; karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah , padahal kamu mengetahui” (QS Al Baqoroh : 22)
Karena itulah hujan harus tetap kita syukuri, karena banyak sekali rahmat dan rezeki yang diberikan Alloh melalui hujan. Walaupun hujan deras datang menghampiri, kita harus tetap menyambutnya dengan penuh ras syukur hanya kepada-Nya. Tentunya ada hikmah yang bisa diambil jikalau kita merasa "resah" terhadap hujan tersebut. So, jangan kaya eic yang murukusunu gara gara hujan,, :)

Aku dan Duniaku ^^

Today activity...


Pagi pukul 07.30 WIB aku udah persiapan dan bergegas menuju kampusku tercinta yang jaraknya gak terlalu jauh dari kostanku, dan hanya memerlukan waktu 5 menit saja untuk sampai di kampusku...

Seperti biasa setiap pagi aku ngira aku terlambat karena memang sengaja aku setting jamku lebih 10 menit, tujuannya biar gak kesiangan eeeh malah ngeribetin setiap pagi. Beruntung hari ini aku gak jualan jadi aku gak perlu jalan dulu ke mesjid untuk ambil barang daganganku.


Setibanya di kelas ternyata belum ada dosen dan beberapa tempat duduk masih terlihat kosong, dan seperti biasa aku duduk di kursi favoritku yaitu di baris kedua kursi pertama alasannya agar jelas saat dosen memberikan penjelasan (padahalnya tetep aza kalau dosennya ngebetein mah gak merhatiin,,ahaha). Beberapa menit setelah di kelas maka dosen yang ditunggu pun tiba, Beliau tampak berbeda hari ini, biasanya tiap Beliau ngajar Beliau selalu menenteng netbooknya karena netbooknya itu berisi file materi materi yang akan Beliau sampaikan pada kami, karena heran aku bertanya ke teman deketku “Teh, c bapa ko gak bawa netbooknya yah?asiiiiikkk berarti gak belajar meureun..” c teteh (sapaanku pada sahabatku Nia) tampak melihat ke arah c bapa, dan c teteh langsung jawab “iya gak bawa netbook tapi itu lihat c bapa bawa kertas banyak, aaahhh curiga kuis ieu mah..” “!@@#@!$!$%^&*”

Dan TERNYATA “Hari ini bapa tidak akan menyampaikan materi, bapa ingin kalian membuat tulisan tentang materi yang telah bapa ajarkan, berkaitan dengan Komunikasi Politik, bisa Media sebagai komunikasi politik atau Parpol sebagai komunikasi politik dan lain lain”

TOENG,,,TOENG,,,apa yang mau aku tulis???aku bukan seorang penulis dan aku tak pandai membuat tulisan dalam waktu yang singkat, untuk membuat tulisan aku memerlukan waktu minimal 1 minggu untuk dapetin hasil tulisan yang bisa dibilang LUMAYAN”

mulai dibagikan kertas daaaannnn masih tetep bingung mau nulis tentang apa??? Setelah hampir -/+ 5 menit berpikir aku menemukan judul yang pas yaitu “MEDIA SEBAGAI TRANSFORMASI POLITIK”

ini tulisan dadakanku pagi tadi, (dengan sedikit refisi, karena lupa lupa inget kan kertasnya langsung dikumpulin dan gak sempet baca ulang)


Dewasa ini dunia pers dan media mengalami revolusi. Fungsi media bergeser dari sekadar menyajikan berita. Kini, media menjadi alat untuk mampu meretas realitas baru mengenai kehidupan politik. Media yang salah satunya fungsinya sebagai transformasi politik, kini tidak lagi benar-benar menjalankan fungsinya sehingga sulitnya masyarakat untuk mendapatkan pendidikan politik.

Kita semua tahu bahwa media sebagai suatu jembatan yang dapat menghubungkan antara masyarakat dengan kaum elit politik, agar masyarakat mendapatkan pengetahuan tentang perkembangan politik di negaranya. Dalam hal ini peranan media bisa dikatakan sebagai “pencekok” masyarakat akan kehidupan politik agar masyarakat bisa ikut andil dalam perkembangan politik dan agar masyarakat bisa memberikan pandangannya terhadap politik sehingga tidak terjadinya Missed Comunication antara masyarakat dengan pemerintah atau sebaliknya antara pemerintah dengan masyarakat. Sehingga tercapainya keserasian dan keselaran berpikir antara komunikator (pemerintah, masyarakat, maupun asosiasi dan organisasi) dengan komunikan (baik pemerintah atau masyarakat).

Fakta yang terjadi dewasa ini, adalah menyimpangnya media dari fungsinya dengan lebuh mementingkan kepentingan “Tuannya” dan terkesan lebih menutupi kesalah “Tuannya” demi citra “Tuannya” sedangkan masyarakat itu membutuhkan realita yang benar-benar sedang terjadi dalam ranah politik di negara kita hal ini dikarenakan agar masyarakat tidak berpikir buruk tentang politik sehingga membuat masyarakat enggan untuk mengetahui perkembangan politik di negaranya. Bukan salah masyarakat pula jika kemudian masyarakat membenci para elit politik yang mengatasnamakan masyarakat dalam propagandanya sedangkan yang mereka utamakan tetaplah kepentingan pribadinya, bukan salah masyarakat jika masyarakat berpikir bahwa ranah politik tak ubahnya seperti hutan rimba “siapa yang kuat dia yang dapat”, citra para elit politik menjadi buruk di mata masyarakat, itu semua bukan SALAH MEREKA! Ini hanyalah imbas dari peranan media yang menyimpang sehingga transformasi politik yang awalnya bertujuan sebagai pendidikan politik masyarakat tidak lagi tercapai.

Menurut pandangan saya sebagai seorang kaum intelektual, kasus seperti ini bisa diatasi dengan cara mengembailkan media pada tujuan dan fungsi media sebagai transformasi politik yang dapat menjembatani setiap komunikasi politik dengan seobjektif mungkin, sehingga tujuan daripada pendidikan politik masyarakat pun akan tercapai. ^^


Ya yah, inilah tulisan sederhanaku hari mengenai Komunikasi Politik, semoga bermanfaat.. :)