Buscar

aiyrapptika world :)

AL ILMU NUURUN WAL JAHLU DHORUUN!!!

Duduh...sepertinya jari-jariku ini sudah terasa sangat kaku dan amat terasa sulit untuk digerakan hanya untuk menari dan memijat tubuh mungil si nobi ini... Ntah kenapa malas yang menyambangi jiwaku ini seakan telah menyatu dan sangat sulit untuk ku usir. Dan malam ini, ntahlah darimana datang si "ghirah" itu tiba tiba mulai merasuk ke dalam rongga rongga tubuhku ini, tentunya membuatku berfikir "hei el, ngapain si kamu hidup gak berguna banget, tiap hari kerjaannya gitu gitu mulu, monoton pisan hidupmu, gada gunanya, ayolah gerak, ayolah kembalikan ghirahmu, bakar semangatmu, lakukan sesuatu yang bermanfaat, gada gunanya hidup gini gini aja, mending mati aja looohhhh!!!"
Dan biasanya, tiap aku futur banget banget ku buka si soulmate, buku agendaku yang isinya catatan catatan kecil yang ku tulis dengan ukiran tinta yang menurutku sangat indah melebihi keindahan lukisan Cleopatra. Catatan catatan itu ku dapat sejak jaman SMP saat aku mulai suka mengikuti kajian kajian dan beberapa diantaranya ku dapat dari buku buku yang telah ku baca. Well, aku menemukan satu kata mutiara yang ku tulis sangat besar di bagian depan si "sweety" (nama agendaku), tulisan itu menggugahku dan membuatku tersenyum lebar. :)
AL ILMU NUURUN WAL JAHLU DHORUUN!!!
Ilmu Itu Cahaya dan Bodoh Itu Bahaya!!!
Menarik, sangat menarik. Ilmu itu diibaratkan sebagai cahaya, ya cahaya... Cahaya yang dapat menerangi setiap kegelapan, cahaya dari kebodohan, cahaya dari dunia fana ini. Ilmu itu cahaya untuk kehidupan kita, ilmu juga yang membedakan derajat seseorang di hadapan manusia lainnya, walaupun setiap manusia di hadapan Alloh itu sama dan yang membedakan hanya derajat keimanan seseorang. Ya, orang yang berillmu dipandang sebagai orang yang terhormat dibanding seorang gembel, tapi pernahkan kita berfikir bahwa ilmu itu bisa kita dapatkan dimana saja dan dari siapa saja, bahkan dari seorang gembel pun kita akan mendapatkan ilmu, ilmu itu tidak hanya kita dapatkan dari orang orang yang bertitel tinggi saja. Dari seorang gembel kita akan mendapatkan ilmu bagaimana untuk bersabar dan bagaimana untuk survive dalam menjalani kehidupan yang kejam ini. Tak salah, jika satu pepatah mengatakan "Kejarlah ilmu hingga ke negeri china" ya itu artinya kita harus mencari dan terus mencari setiap nilai dari kehidupan untuk dijadikan ibrah dan pembelajaran agar kita menjadi orang yang berilmu dan senantiasa berusaha untuk melakukan perubahan perubahan ke arah yang lebih baiknya setiap hari.
Tak salah, ketika salah satu harapan sari orang tuaku yaitu "Jadilah orang yang berilmu dan bisa mengamalkan ke orang banyak". Harapan mulia dua orang malaikat hidupku itu sangat benar adanya kawan, dan mungkin itu juga menjadi harapan setiap orang tua kepada anaknya. Mereka menginginkan agar putra putri tersayangnya menjadi orang yang berilmu dan dapat mengamalkannya ke orang banyak karena ilmu itu cahaya, cahaya yang akan menerangi kehidupan kita untuk menjauhkan diri kita dari jalan jalan kebathilan yang di murkai Sang Pencipta. Dan ketika kita mengamalkannya kepada orang banyak berarti kita telah menerangi kehidupan orang orang banyak.
Sebagai seorang kaum intelektual (katanya), seharusnya kita bertekad dan sungguh sungguh dalam menuntut ilmu yang telah menjadi amanah ini, jangan mau kalah oleh orang orang yang Subhanalloh punya keinginan tinggi untuk menjadi orang yang berilmu walau hanya dengan keadaan yang serba kekurangan. Lihatlah betapa hebatnya, ketika kita melihat para ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) yang bisa meraih prestasi gemilang atas ilmunya, lihatlah para penyandang cacat lainnya yang bisa menjadi insan yang bermanfaat dengan ilmunya. Betapa hebat dan sungguh luar biasa mereka ini, sedangkan kita? Kerap kali kita menyia-nyiakan setiap detik kehidupan kita dan terkadang kita melewatkannya dengan begitu saja, tanpa mengambil setiap pelajaran dari setiap detik kehidupan yang kita lalui.
Mari bangkitlah kawan, kita ini adalah AGENT OF CHANGE, bagaimana bisa kita dapat merubah keadaan dunia ini jika kita tidak berilmu, jika kita tidak mempunyai bekal untuk kehidupan ini.
Sekarang ini bukanlah lagi jaman Jahiliyah yang serba keterbatasan dalam menuntut ilmu, bahkan untuk sekedar mendengarkan tausiyah saja harus sembunyi sembunyi, sekarang ini bukan lagi masa kebodohan!!! Janganlah kita membahayakan hidup kita sendiri dengan menjadi orang yang bodoh!!!
Tekadkan azzam kita, satukan hati kita dalam ikatan ukhuwah ini untuk menjadi Insan Ulul Albab di bumi Alloh ini... :)
HAMASAH!!!

Saat ketemukan si "ghirah" kembali,
Cimahi, 30 Sep '011 10.19 PM

2 komentar:

Syifa Azz

semangaat menuntut ilmu.. ayo.. ayoo.. :D
nah berhubung sekarang lagi semangat, PRnya dikerjain ya eic :D http://bermimpimeraihsukses.blogspot.com/2011/11/bukan-11-12-tapi-11-11.html

27victory

Assalamualaikum..nice post.. :)
Barokallohu fiekh..

Posting Komentar