Buscar

aiyrapptika world :)

Berbeda Pendapat itu Hak dan Seni ^^

 Manusia adalah mahluk sosial yang membutuhkan interaksi dalam hidupnya. Setiap manusia itu berbeda dan unik, setiap manusia akan berbeda-beda pendapatnya sesuai sudut pandang mereka sendiri. Kita melihat dan memecahkan masalah dengan cara yang berbeda, mengeluarkan dan memberi pendapat yang berbeda, yang terbaik menurut kita belum tentu baik juga menurut yang lainnya.
Sebenarnya perbedaan pendapat itu tidak salah apalagi dikatakan sebagai suatu masalah, tapi yang sering membuatnya masalah apabila kita memaksakan kehendak pribadi kepada pihak lain yang tidak sependapat dengan kita. Saya seorang mahasiswa jurusan Ilmu Pemerintahan yang tiap hari menghadapi berbagai macam perbedaan pendapat dari rekan-rekan saya yang begitu kritis, sudah menjadi makanan sehari-hari bagi saya menemukan perbedaan pendapat itu. Tapi justru inilah yang membuat pengetahuan kita bertambah setiap harinya dengan ide-ide yang muncul dan berkembang dan menjadi variatif.
Berbeda pendapat itu hak kaleee...
Ya yah, berbeda pendapat adalah hak bagi setiap individu, apalagi negara kita itu menganut asas demokrasi dimana membolehkan setiap warga untuk megeluarkan aspirasi/pendapatnya selama masih dalam koridor yang positif. Perbedaan pendapat sebagai hak setiap individu tidak hanya dibenarkan oleh ilmu sosial saja, begitu juga ilmu agama.
Berbeda itu seni yang indah dan mengasyikan...
Dengan berbeda pendapat tentunya akan muncul dan menghasilkan ide-ide baru sebagai penyegaran dari ide lama, dengan perbedaan semua akan terasa lebih variatif sehingga tidak monoton, bukan begitu??? Bayangkan betapa repotnya kita, bila dua orang atau lebih menyukai orang yang sama, benda yang sama. Apabila semua ngotot harus mendapatkan orang, benda, posisi itu jelas-jelas jumlahnya terbatas, maka akan terjadi persaingan yang tidak sehat karena setiap orang akan menghalalkan segala cara untuk mendapatkannya.

Yup, mulai sekarang mari kita hargai perbedaan, bertoleransi terhadap perbedaan tanpa mendiskriminasikan seseorang atau sekelompok orang karena ia atau mereka berbeda pendapat. Ingat loh, kita semua saling membutuhkan. Tentunya perbedaan pun dibutuhkan untuk memberi harmoni agar hidup lebih berarti. ^^

Oleh, Aiyra.
Cimahi, 13 Juli 2011 (22.42 WIB)

0 komentar:

Posting Komentar