TFA (Training For Asisten)

It's about my experience when I followed TFA in Cibodas, Cianjur.

TFA, training for asisten. Yang selalu ku update hampi di beberapa status FBku beberapa pekan ini karena memang inilah BIG EVEN bagi kami keluarga besar PAAI (Program Asistensi Agama Islam) UNJANI. Bagaimana tidak, acara itu dihadiri oleh orang orang pilihan yang insya Alloh akan menjadi MENTOR SUPER (Sholeh, Unggul, Profesional, Extra Ordinal, Rabbaniyah). Subhanalloh...

Jum'at, 16 September 2011.
Dengan langkah pasti penuh semangat, ku langkahkan kakiku menuju mesjid Al-Hidayah UNJANI,  sedikit malu memang karena sebelumnya ku janjikan akan ikut kloter 2 yang pemberangkatannya pukul 13.00 WIB namun, karena ada kepentingan mendadak di himpunan akhirnya aku tunda keberangkatanku menuju Cibodas, Cianjur hingga pukul 16.00 WIB. Ku lihat armada yang akan membawa kami pada Kota Beras itu sudah terparkir di halaman mesjid. Ku pikir aku kesiangan, tapiiii oh ternyata tidak karena masih banyak yang belum dateng. Lihat temen temen lain bawaannya itu loh banyak banget satu tas aja gak cukup, berbeda denganku yang hanya membawa satu tas yang di dalemnya cuma memuat beberapa baju ganti, mukena, alat tulis dan alat mandi aja. Dengan gaya nyantainya si aku, aku hanya duduk manis di pelataran mesjid sambil nunggu temen temen lain dan beberapa kali iseng jepret jepret, haha padahal aku bukan Sie PuDekDok loh.
ini si armada hijau, yg bawa kita ke tujuan
Akhirnya, pukul 17.00 WIB kami menuju Cibodas, ayeeeee senangnya. Bismillah, semoga selamat sampe tujuan. Hmm, tapi karena si armada hijau ini udah uzur kali yah, jadi gak bisa jalan cepet, akhirnya ngerayap deh, dan sangat buang waktu memang, karena perkiraan sampe disana itu bada magrib eeeh ini malah bada isya. ckckck parah yah, tapi gapapa deng, seneng akhirnya nyobain juga naik armada hijau. Soalnya dulu pas pertama masuk kampus, tiap lihat bus itu selalu bilang:
"kapan yah naik?" haha alaaaayyyy geeeelaaaaa
Setibanya di tempat tujuan, subhanalloh kedatanganku disambut rintikan air dari langit. Alhamdulillah, terima kasih Ya Rabb atas nikmatmu ini.
"Ukh, kloter 2 harap menuju ruang makan, langsung makan aja, soalnya waktu mepet, mau langsung materi"
Perintah dari panitia lain tuh, kebetulan aku salah satu panitia juga.
Akhirnya kami makan, dan rundown acarapun terus bergulir hingga larut malam, kurang lebih pukul 00.00 WIB. Semua peserta menuju barak masing masing, tapi lagi lagi panitia ada evaluasi setengah jam hingga pukul 00.30 WIB dan koor acara memberitahukan rundown acara untuk besok.

Sabtu, 17 September 2011.
Pukul 03.00 WIB kami sudah siap siap menuju aula, untuk melaksanakan Qiyamul Lail, Tahsin dan acara. Rundown acara demi acara kami lewati dengan ceria hingga pukul 09.00 WIB materi mengenai Bismillah, ANA BISA!
Pemateri kali ini, sangat mengingatkanku pada sosok teman dekatku ketika SMP, beliau dan temanku itu benar benar punya banyak kesamaan, mulai dari fisik mereka sangat mirip, dari cara beliau memberikan materi uuh sama banget dengan temanku itu. Akh, ana ketemu antum lagi, mungkin kelak antum dewasa akan seperti ini.hihi
ini nih Ustadznya...

Materi kali ini benar benar membuat kami para calon mentor memiliki semangat yang luar biasa untuk siap terjun ke dunia dakwah kampus. Subhanalloh, cara beliau menyampaikan semua materi memang benar benar menghypnosis kami Ustad...
Materi pun selesai pukul 12.00 WIB. Semua peserta diberi waktu untuk istirahat, sholat dan makan.
ini tuh salah satu menu makanku selama di Cibodas.

narsis sebelum mandi, hihi

ini udah mandi, hihi

Setelah semua selesai, kami menuju aula kembali dan kembali mendengarkan materi, materi kali ini temanya: How to Make a good Communication
Materi ini membahas mengenai bagaimana kita memperlakukan adik adik mentee kita dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada adik mentee kita. Lagi lagi sang Ustad menyampaikan materi dengan penuh semangat bahkan tak terlihat satupun peserta yang ngantuk begitupun denganku. Bahkan tak jarang beliau membuat kami ketawa terpingkal pingkal akibat ulahnya ketika meniruka seorang mentor yang tidak bisa memberikan good communication pada menteenya. 
Subhanalloh, aku bener bener menemukan pengalaman berharga pada materi kali ini. Ntah apa yang ada di pikiranku saat itu, saat teman teman yang lain hanyut dalam keceriannya tapi aku malah hanyut dalam penyesalan, betapa malu diriku ini saat berada di tengah tengah orang orang yang luar biasa, sementara aku ini? siapa aku ini? berani beraninya masuk ke komunitas yang tak pantas aku berada di dalamnya, aku ini bukan Mar'ah Mumtadzah. Astagfirulloh, disaat teman teman yang lain hanyut dalam keceriannya, tapi aku tak dapat membendung butiran air yang membasahi pipiku secara tiba tiba. Aku merasa diriku ini tak pantas untuk menjadi mentor, bahkan mentor SUPER sangat tak pantas. Aku hayut, benar benar hanyut dalam kesedihan dan penyesalanku.

Ahad, 18 September 2011.
Ini hari terakhir kami berada di Cibodas, dan agenda kali ini full outbond. Sayang sekali, hari ini perutku tak bisa diajak kompromi, saat orang lain sibuk siap siap otubond, diare menyerangku yang menyebabkan tubuhku ini lemeeeessss sekali, bahkan muntah muntah. Mungkin karena cuaca yang bener bener dingin kali yah, jadi tubuhku ini tak bisa kompromi. Hmm, sepertinya belum rizkinya kali yah, jadi Alloh gak ngijinin aku ikut outbond. Akhirnya aku tidur di kamar sambil nunggu teman teman yang lain pulang outbond. Gada cerita hari ini, disaat teman teman asyiiik bertadabur alam, tapi aku cuma tiduran hingga ashar waktunya back to Cimahi... :)
Bersama sahabat perjuangan, hamasah sahabat... :)

nb: Untuk sahabat sahabat seperjuanganku, hamasah kawan! Mudah mudahan Alloh memudahkan dan memberikan kita kelancaran untuk mengemban amanah ini. aamiin
Senyum hangat untuk ukhtifillah... :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

AL ILMU NUURUN WAL JAHLU DHORUUN!!!

ALL ABOUT SKRIPSWEET! :)

Tanya Kenapa???